parkjiyoung

Just another WordPress.com site

Tulisan Jenis Investigasi : Pedagang yang Mengurangi Timbangan

Timbangan adalah alat yang dipakai melakukan prngukuran massa suatu benda. Timbangan/neraca dikategorikan kedalam sistem mekanik dan juga elektronik/Digital.

Image

Hari itu saya membeli beras 3 liter dan telur 1kg diwarung dekat rumah saya. Saat sedang membeli saya iseng mencoba mengetuk-ngetuk bagian bawah gelas ukur beras yang terbuat dari besi itu. Saya terkejut karena gelas itu sangat berat suaranya tidak seperti kaleng yang biasanya berbunyi nyaring. Hal itu saya lakukan ketiga gelas ukur yang ada dan hasilnya mempunyai bunyi yang sama. Saat pedagang mengukur beras telur menggunakan timbangan, pemberatnya terlihat tidak seperti pemberat untuk menimbang 1kg. Setelah membayar, saya kembali kerumah. Dalam perjalanan pulang, saya terus dihantui rasa penasaran. Apakah hal yang pernah saya lihat ditelevisi tentang pedagang yang mengurangi jumlah timbangan itu benar adanya?!

 

Sesampainya dirumah, saya mengambil timbangan yang ada dan mencoba memastikan berat sesungguhnya. Benar saja, telur yang harusnya tepat 1000gram tapi setelah saya timbang kembali hanya memiliki berat 850gram. Begitu pun dengan beras, saya mengukur dengan gelas ukur 1liter dan hasilnya hanya 2 gelas 3/4.  Saya sungguh terkejut karena warung tersebut adalah warung langganan keluarga saya dan memiliki banyak pelanggan dan jumlah yang dikurangi cukup banyak.

 

Tujuan berdagang memang mencari untung tapi tidak dengan cara curang seperti ini. Mencari untung dengan cara yang halal akan lebih baik pahalanya. Mencari untung dengan cara yang tidak halal seperti ini selain merugikan pembeli, juga merugikan diri sendiri karena tidak jujur terhadap diri sendiri dan orang lain serta dosa yang harus ditanggung diakhirat nanti. Saya berharap pedagang ini bersikap jujur dan tidak merugikan pelanggan lagi. -TS

 

Foto : google.com

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

