parkjiyoung

Just another WordPress.com site

3. Usaha manusia dalam mempertahankan keindahan dalam bahasa daerah yang terdapat di Indonesia

Bahasa Daerah sebagai pendukung Bahasa Nasional. Bahasa daerah merupakan bahasa pendukung bahasa Indonesia yang keberadaannya diakui oleh Negara. UUD 1945 pada pasal 32 ayat (2) menegaskan bahwa “Negara menghormati dan memilihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional.” dan juga sesuai dengan perumusan Kongres Bahasa Indonesia II tahun 1954 di Medan, bahwa bahasa daerah sebagai pendukung bahasa nasional merupakan sumber pembinaan bahasa Indonesia.

wikipmedia.com

 Bahasa Daerah sebagai bahasa pengantar pada tingkat permulaan sekolah dasar di daerah tertentu untuk memperlancar pengajaran bahasa Indonesia dan atau pelajaran lain.

 Bahasa Daerah sebagai sumber kebahasaan untuk memperkaya bahasa Indonesia.

Bahasa Daerah sebagai pelengkap bahasa Indonesia di dalam penyelenggaraan pemerintah pada tingkat daerah.

Sebagaimana kita tahu, Indonesia memiliki lebih dari 700 bahasa daerah dari Sabang sampai Merauke. Banyaknya jumlah bahasa daerah menjadi sumber kekayaan tersendiri bagi Indonesia selain sumber alamnya yang melimpah. Jumlah ini hampir setengah dari jumlah suku di Indonesia menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, yaitu 1.128 suku.

 

Contoh kasus :

Ada keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu dan dua anak. Ayah dan Ibu berasal dari Medan dan merantau ke Jakarta dengan maksud untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Mereka sudah tinggal di Jakarta selama 15 tahun. Setiap hari, mereka berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Saat mereka harus kembali hidup dikampung halaman, Medan, kedua anak mereka kesulitan berkomunikasi dengan sanak saudara dan masyarakat sekitar karena mereka sudah terbiasa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia.

Tanggapan :

Contoh kasus tersebut membuktikan bahwa peran orang tua dalam memperkenalakan bahasa daerah mereka sangatlah penting. Walaupun berbicara dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar juga penting, tetapi mempertahankan bahasa daerah jugalah penting. Karena, jika bukan orang tua yang mengajarkan, siapa lagi yang bisa melestarikan? Karena setahu saya di Indonesia belum memiliki tempat bimbingan belajar bahasa daerah.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: